Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tk. Kab. Ende 2014

Jun 25, 2014 by

LAPORAN PANITIA PENYELENGGARA

I.   PENDAHULUAN :

Dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pelibatan masyarakat dan swasta serta pemerintah menjadi aspek yang penting. Pemerintah perlu mengeluarkan program yang pro lingkungan sementara pihak swasta perlu juga menyadari akan pentingnya pemanfaatan SDA yang berkelanjutan, dan masyarakat diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan hidup seperti memilah dan membuang sampah pada tempatnya, menanam dan memelihara pohon atau juga menggunakan energi secara bijak.

Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup antara lain memuat tentang Peran Serta Masyarakat di Bidang Lingkungan Hidup. Untuk menjalankan amanat Undang-Undang, maka BLHD Kab. Ende melaksanakan kegiatan Peningkatan Edukasi dan Komunikasi Masyarakat di Bidang Lingkungan Hidup. Bentuk kegiatan antara lain penyelenggaraan hari-hari besar di bidang Lingkungan Hidup. Stakeholder dan masyarakat dihimbau dan diingatkan untuk mengelola lingkungan hidup melalui event Hari Lingkungan Hidup sedunia Tingkat Kabupaten Ende.

Dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia Tahun 2014 yang diperingati di Indonesia setiap tahunnya pada 5 Juni, BLHD Kab. Ende menyelenggarakan rangkaian kegiatan antara lain penilaian kalpataru, sekolah adiwiyata, sosialisasi,  penghijauan di lokasi Pantai Ria dan puncak kegiatan adalah Temu Wicara pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup. Tema kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kab. Ende adalah “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir Dari Dampak Perubahan Iklim Demi Terwujudnya Masyarakat Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan.

II.     DASAR :

       a. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan   dan  Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), pasal       70.

III.   TUJUAN KEGIATAN :

Maksud dan Tujuan Kegiatan :

  1. Memberikan kesadaran kepada masyarakat atas pentingnya perlindungan ekosistem pesisir dan dampak perubahan iklim dalam rangka ketahanan lingkungan.

2.  Meningkatkan komunikasi lingkungan kepada stakeholder dan masyarakat dalam mengelola lingkungan hidup.

3.  Mengajak semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas lingkungan ekosistem pesisir sehingga kesejahteraan masyarakat

meningkat.

 

 IV.   KEGIATAN :

Pra kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Ende adalah

  1. Lomba Kalpataru Tahun 2014.

Proses penilaian Kalpataru diawali dengan melakukan pembinaan kepada 3 kelompok tani diantaranya 2 kelompok dari Desa Ratewati              Selatan Kecamatan Wewaria dan 1 kelompok dari Desa Sipijena Kecamatan Detusoko. Tahap selanjutnya melakukan penilaian sesuai                           syarat   yang diberikan untuk menetukan pemenang. Tim penilai memutuskan pemenang Kalpataru tingkat Kabupaten Ende adalah :

  • Juara 1, kelompok Tani Muri Sama, Desa Ratewati Selatan Kecamatan Wewaria
  • Juara 2, kelompok Tani Mbeo Nodei, Desa Ratewati Selatan Kecamatan Wewaria
  • Juara 3, kelompok Tani Sama Lanu Desa Sipijena Kecamatan Detusoko

Pada tahap penilaian tingkat Propinsi, Kelompok Tani Muri Sama mendapatkan penghargaan penerima Kalpataru Tingkat Propinsi kategori Penyelamat Lingkungan dan berhak mendapatkan : Tropy, piagam dan uang tunai Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah).

2. Lomba Adiwiyata Tahun 2014.

Proses penilaian Adiwiyata diawali dengan melakukan pembinaan ke 4 sekolah, 2 sekolah tingkat SD dan 2 sekolah tingkat SMP.   Dari                  penilaian tingkat Kabupaten kemudian dikirim ke tingkat ke Propinsi. Yang mendapat hadiah Adiwiyata Tingkat Propinsi adalah sekolah   SMPK Maria Goreti. Untuk tingkat Kabupaten kategori sekolah Adiwiyata Sekolah Dasar :

  • Juara 1, SDK Onekore 2;
  • Juara 2, Min Ende;

Untuk tingkat Kabupaten kategori sekolah Adiwiyata Sekolah Menengah Pertama :

  • Juara 1, SMPK Maria Goreti;
  • Juara 2, SMPK St. Ursula Ende
  • 3. Melaksanakan  sosialisasi di 3 Kelurahan :
  • Sosialisasi di Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara pada tanggal 10 Juni 2014,
  • Sosialisasi di Kelurahan Tetandara, Kecamatan Ende Selatan pada tanggal 11 Juni 2014,
  • Sosialisasi di Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur pada tanggal 12 Juni 2014,

4.  Melakukan Penghijauan di lokasi Pantai Ria, Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara pada tanggal 20 Juni 2014;

5. BLHD Kab. Ende bekerja sama dengan PT. Pertamina Cabang Ende akan melakukan kegiatan pelatihan pengelolaan sampah. Ini merupakan             salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) dari PT. Pertamina cabang Ende.

Kegiatan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kab. Ende adalah

  1. Melaksanakan Temu Wicara pada puncak peringatan, tanggal 25  Juni 2014 bertempat di halaman kantor BLHD Kabupaten Ende.


V.  PENUTUP :

Demikian laporan penyelenggara kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kab. Ende Tahun 2014.

Terima kasih.

Ende, 25 Juni 2014

   TTD

Penyelenggara Kegiatan

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>