Kegiatan CSR bidang Lingkungan PT. Pertamina Persero (TBBM) Ende

Oct 3, 2014 by

  LAPORAN PENYELENGGARA
KEGIATAN PELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK
DAN AN ORGANIK

I. PENDAHULUAN

Secara administratif Kabupaten Ende memiliki 21 kecamatan, yang mana untuk wilayah perkotaan meliputi 4 kecamatan yaitu Ende Timur, Ende Tengah, Ende Selatan dan Ende Utara. Pada bulan Januari 2013, persentase jumlah penduduk dalam kota Ende mencapai 45% dari keseluruhan jumlah penduduk Kabupaten Ende (703.814 jiwa) atau sekitar 316.657 jiwa. Sedangkan pada Bulan Desember 2013, jumlah penduduk dalam kota Ende sebanyak 371.651 jiwa atau mengalami peningkatan sebesar 1,17% dari Bulan Januari 2013. Akibat dari semakin bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya aktivitas konsumsi adalah bertambahnya buangan/limbah yang dihasilkan.

Khususnya untuk sampah, jumlah volume sampah yang dihasilkan pada Bulan Desember 2013 sebanyak 11.017,4 m3, dimana volume sampah yang terangkut ke TPA sebanyak 9.628, 8 m3 dan yang tidak terangkut ke TPA sebanyak 1388,8 m3. Hal ini disebabkan adanya beberapa kelompok masyarakat yang melakukan pengolahan sendiri. Namun dirasakan masih cukup tinggi mengingat belum optimalnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat perkotaan akan pentingnya pengolahan dan pemanfaatan kembali sampah (Prinsip 3R).

Beberapa tahun terakhir ini sejak dibentuknya Kantor Pertamanan dan Kebersihan, maka urusan persampahan berada dalam koordinasi instansi tersebut. Namun, minimnya sarana dan prasarana serta anggaran yang dimiliki mengakibatkan sampah tetap menjadi problematika masyarakat perkotaan. Perkembangan penduduk dapat mengakibatkan bertambahnya produksi sampah. Begitu pula dengan peningkatan penduduk yang ada di perkotaan, tentunya akan meningkatkan jumlah sampah yang dihasilkan. Apabila sampah yang dihasilkan tidak dikelola dengan baik maka sampah akan menimbulkan masalah lingkungan. Permasalahan pengelolaan sampah bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja. Seyogyanyalah masyarakat berperan aktif dalam penanganan masalah sampah ini baik secara individu maupun secara bersama-sama, termasuk keterlibatan BUMN melalui kegiatan CSR (Cooporate Social Responsibility).

II. DASAR

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), pasal 70.

III.  TUJUAN KEGIATAN

Pelatihan ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan pemahaman tentang sampah dan masalah yang ditimbulkan.
  2. Memberikan pemahaman tentang manajemen pengelolaan sampah organik dan anorganik.
  3. Menumbuhkan ketrampilan kelompok masyarakat dalam pengelolaan sampah.

 IV.    KEGIATAN

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik dan an Organik diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 23 September 2014 sampai hari Rabu tanggal 24 September 2014. Kegiatan pelatihan ini akan diisi dengan :

  1. Diskusi panel (dengan narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ende, Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Ende, dan Kantor Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Ende).
  2. Praktek Pengelolaan Sampah An Organik, berupa pembuatan tudung saji, pembuatan keranjang ale-ale, dan pembuatan takakura (fasilitator dan pendamping dari KPK dan BLHD Kabupaten Ende).
  3. Praktek Pengelolaan Sampah Organik, berupa pembuatan bokashi dan pembuatan kompos dalam karung (fasilitator dan pendamping dari KPK dan BLHD Kabupaten Ende).

Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan di aula kantor BLHD Kabupaten Ende, dan di Kelurahan Tanjung.

V. PESERTA

Peserta Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik dan An Organik selain berasal dari kelompok binaan BLHD Kabupaten Ende, juga berasal dari unsur TNI yang merupakan mitra BLHD Kabupaten Ende dalam setiap kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Secara lengkap peserta pelatihan berjumlah 33 orang, yang terdiri dari :

  1. Kelompok Rumah Pangan Lestari            :   3 orang
  2. OMK Kathedral Ende                                  :   4 orang
  3. Kelompok Lestari                                         :   4 orang
  4. Kelompok Hijau                                           :   4 orang
  5. Kelompok Anggrek                                      :   5 orang
  6. Kelompok Peduli Lingkungan                   :   2 orang
  7. Kodim 1602 Ende                                         :   3 orang
  8. Kompi C Ende                                               :   3 orang
  9. Pos AL Ende                                                  :   2 orang

VI. ANGGARAN

Anggaran dari kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik dan An Organik bersumber dari dana CSR (Cooporate Social Responsibility) PT. Pertamina (Persero) TBBM Ende.

VII. PENUTUP

Demikian laporan penyelenggara kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik dan An Organik Tahun 2014 yang merupakan kerjasama BLHD Kabupaten Ende dengan PT. Pertamina (Persero) TBBM Ende. Pada kesempatan yang baik ini diminta dengan hormat kepada Bapak Bupati Ende yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan untuk membuka kegiatan ini dan sekaligus memberikan arahan. Terima kasih.

Ende, 23 September 2014

   TTD

Penyelenggara Kegiatan

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>