Kegiatan Bidang Hukum dan Pengawasan Lingkungan (HPL) Periode Bulan Maret – Juli 2012

Nov 15, 2012 by

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, salah satu kegiatan yang diprogramkan bidang HPL adalah Kalpataru. Penerima penghargaan Kalpataru tingkat Kab. Ende Tahun 2012 :

  • Pemenang I : Kelompok Tani Lia Togi, yang diketuai oleh  Laurensius Renga, dari Desa Wolosambi  Kecamatan Lio Timur. Luas lahan yang digarap 23 Ha. Ada 12 macam tamanan yang dibudidaya yaitu mahoni, kakao, cengkeh, kemiri, jati, dll. Lama usahanya sudah mencapai 21 tahun. Laurensius Renga juga menerima penghargaan Kalpataru tingkat Propinsi yang diserahkan oleh Gubernur NTT pada acara Hari Lingkungan Hidup tingkat Propinsi di Sumba Barat Daya pada akhir juni lalu.
  • Pemenang II : Kelompok Tani Rindu Rupa, yang diketuai Bernadus Gedu dari Desa Watu Mite Kecamatan Nangapanda. Luas lahan yang digarap 20 Ha. Ada 9 macam tanaman yang dibudidaya yaitu mahoni, kakao, cengkeh, kemiri, jati, kelapa, dll. Lama usahanya sudah mencapai 21 tahun.
  • Pemenang III : Lodovikus Papa, dari Kelompok tani Rindu Rupa, Desa Wolokoli Kecamatan Wolowaru. Luas lahan yang digarap 2 Ha. Ada 8 macam tamanan yang dibudidaya yaitu mahoni, kakao, cengkeh, jati, dll. Lama usahanya sudah mencapai 31 tahun. Ia dikategikan sebagai Penyelamat Lingkungan.

Untuk program Adiwiyata tingkat Kab. Ende, pemenangnya I diraih oleh : sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Ende dan pemenang II diraih oleh SMPK Maria Goreti Ende.

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>