DISKUSI TERBATAS

Mar 30, 2015 by

 

ARAHAN KEPALA BLHD KAB. ENDE

PADA ACARA DISKUSI TERBATAS

(PENDAMPINGAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK PECINTA LINGKUNGAN)

 

  1. Latar Belakang

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 70 bahwa masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Untuk menjalankan amanat Undang-Undang, maka BLHD Kab. Ende melaksanakan program Peningkatan Edukasi dan Komunikasi Masyarakat di Bidang Lingkungan Hidup, kegiatannya antara lain berupa Pendampingan dan Pemberdayaan Kelompok Pecinta Lingkungan. Khusus untuk kelompok masyarakat, sasaran kegiatan Pendampingan dan Pemberdayaan Kelompok Pecinta Lingkungan adalah kelompok masyarakat dari tingkatan RT/RW, Kelurahan, Komunitas, kecamatan dan Kabupaten.

Kepedulian kita pada lingkungan hidup boleh dikatakan agak sedikit terlambat. Biasanya setelah terjadi akibat yang merugikan manusia seperti bencana alam, perubahan iklim yang tidak menentu, barulah kita sadar betapa pentingnya memelihara lingkungan dan menumbuhkan sikap yang bersahabat dengan alam. Hal ini perlu dibentuk dan berpegang pada norma – norma dasar yang meliputi kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan serta kelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Dimulai dari kesadaran diri kita sendiri, dari hal yang sederhana dan dimulai dari sekarang karena kita semua memiliki tanggung jawab moral kepada generasi anak cucu kita.

      Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita, siapa lagi.

Diharapkan dukungan dan kerjasama dari stakeholder (Lurah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda setempat) agar kelompok ini dapat bekerja dengan baik.

 

  1. Maksud dan Tujuan Kegiatan

Menyiapkan masyarakat yang terbentuk dalam wadah Kelompok Pecinta Lingkungan serta melakukan pendampingan kelompok agar dapat bekerjasama dengan Pemerintah (BLHD Kab. Ende) untuk melakukan Aksi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

 

  1. Ruang Lingkup Kegiatan 

1)    Kegiatan Diskusi Terbatas;

2)    Peserta antara lain 3 kelompok yang baru dibentuk : Kelompok Adipura, kelompok Kalpataru, Kelompok Cinta Lingkungan RT.07.

2 kelompok yang telah bermitra dengan BLHD Kab. Ende : kelompok Hijau BLHD dan Kelompok Peduli Lingkungan Kel. Mautapaga.

 

  1. Hasil Pertemuan

Diharapkan terjalin kesepakatan antara BLHD Kab. Ende dan kelompok pecinta lingkungan untuk rencana kerja/ kegiatan selanjutnya. (admin)

 

 

 

Related Posts

Tags

Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>